Senin, 30 Juli 2012

Visi dan Misi Hidup


Visi Hidup

Visi hidup saya dapat dibagi menjadi 3 aspek. Ketiga aspek tersebut diantaranya akademik, keluarga, dan masyarakat. Pada bidang akademik, saya memiliki visi untuk lulus dalam kurun waktu 4 tahun dan memiliki predikat terbaik. Saya juga ingin menjadi orang yang berguna untuk teman-teman. Saya ingin menjalani semua proses akademik dengan baik dan dapat lulus dari ITB dengan dasar pendidikan yang kuat. Serta memiliki soft skills yang berguna untuk membangun banyak relasi dengan orang lain. Saya juga ingin membanggakan ITB dengan memberikan hasil terbaik. Dan tentu sebagai mahasiswa, saya juga ingin memberikan kontribusi saya untuk masyarakat. Karena pada hakikatnya, mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang terpelajar.
Pada aspek keluarga, saya tentu ingin membanggakan keluarga saya. Saya ingin agar pendidikan yang saya peroleh dapat berguna bagi saya untuk membangun keluarga yang lebih baik nantinya. Saya juga ingin, agar sikap-sikap positif yang saya peroleh dalam berbagai kegiatan di ITB dapat saya turunkan di keluarga saya. Pengambil keputusan, bertanggung jawab, rela berkorban, dan kepedulian adalah beberapa nilai dari banyak nilai yang saya harap untuk dapatkan. Pada posisi saya sebagai anak saat ini, saya ingin menjadi anak yang dapat diandalkan serta dipercaya oleh orangtua saya.
Pada aspek masyarakat, saya ingin berkontribusi dalam masyarakat. Setiap manusia adalah makhluk sosial yang pada akhirnya harus mengenal masyarakat di sekitarnya. Saya ingin berkontribusi bagi masyarakat melalui pekerjaan saya nantinya. Saya ingin berkontribusi dengan membuka lapangan pekerjaan. Menurut saya, hal yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah lapangan pekerjaan yang banyak. Walaupun banyak terapat sarjana-sarjana muda, jika tidak disertai pekerjaan yang cukup banyak maka tidak ada gunanya. Selain itu, saya juga ingin menularkan sika wirausaha yang saya miliki kepada orang-orang di sekitar saya. Perusahaan tersebut saya harapkan, selain untuk mengurangi pengangguran yang semakin marak terjadi di negeri ini, juga dapat membangun perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya kalangan menengah kebawah.

Misi Hidup

Untuk dapat mencapai hal-hal yang telah saya sampaikan pada poin visi diatas, maka saya akan melakukan berbaga cara. Pertama dan hal yang paling penting adalah menjalani aktivitas akademik ITB sebaik mungkin dan juga belajar dengan giat. Hal ini saya lakukan agar saya dapat memperoleh hasil terbaik. Lalu saya ingin memiliki teman yang banyak agar mempermudah saya untuk memiliki cukup soft skills. Selain itu, dengan memiliki dan membangun jaringan pertemanan yang luas, saya juga dapat melatih sikap-sikap seperti rela berkorban, tanggap, dan lain sebagainya. Hal ini juga yang saya perlukan untuk membangun suatu perusahaan nantinya. Saya ingin menjadi orang yang cakap dan mengetahui kebutuhan anggota perusahaan saya, sehingga dapat menjalin suatu komunikasi antar karyawan dengan baik. Hal ini diperlukan agar perusahaan tersebut tetap stabil dan dapat memenuhi tujuannya membangun perekonomian Indonesia. Saya juga siap membanggakan almamater saya melalui berbagai ajang perlombaan. Hal ini untuk meningkatkan citra ITB di mata masyarakat Indonesia dan dunia. Merupakan kebanggan yang terbesar bagi saya untuk dapat mengharumkan nama ITB. Dan semua nilai tersebut akan tidak berguna jika tidak dilandasi nilai spiritual yang kuat. Oleh karenanya, saya ingin menjaga nilai-nilai tersebut dengan tetap menjalankan ibadah. Saya juga siap untuk membantu rekan-rekan saya dalam hal kegiatan ibadah. Dengan menjaga nilai-nilai tersebut, saya yakin bahwa saya dapat tumbuh menjadi orang yang berguna baik bagi keluarga, teman, dan masyarakat.

1 komentar:

  1. Ketiga visi kamu menarik, yaitu mempertimbangkan akademik, keluarga, dan masyarakat. alasan dasar kamu memilih visi tersebut juga sudah cukup dijelaskan. sedikit saran, misi, yang menjadi hal paling penting untuk mewujudkan visi belum terjelaskan secara step by step nya. tingkatkan dan lanjutkan!

    BalasHapus